Apa Itu Cloud Computing?

Apa Itu Cloud Computing?

February 12, 2019 1 By septiano

Tanyakan kepada orang-orang apa itu cloud computing, dan Anda cenderung mendapatkan selusin penjelasan berbeda, yang mungkin tidak membantu Anda memahami lebih baik. Yang benar adalah, komputasi awan memiliki begitu banyak aplikasi yang berbeda sehingga sulit untuk mendefinisikannya di tempat.

cloud computing

Apa Itu Cloud Computing?

Untuk itu, Anda layak mendapat penjelasan yang lebih lengkap. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang komputasi awan!

Apa Itu Cloud Computing?

Cloud computing mengacu pada proses dan data bergerak dari perangkat tepat di depan Anda (desktop, ponsel, dll.) Dan ke internet, di mana mereka disimpan di server jauh dan digunakan sesuai kebutuhan. “Cloud” mengacu pada banyak jaringan server di mana semua data / layanan ini sekarang ada, menunggu untuk diakses oleh pengguna.

Contoh yang sangat baik dari pergeseran ini adalah Microsoft Office. Sebelum cloud, Microsoft Office dijual sebagai lisensi tunggal dan disk fisik yang Anda unggah ke hard drive lokal Anda sehingga Anda dapat menjalankan perangkat lunak. Sekarang (sementara model yang lebih lama masih ada), Microsoft Office terutama ditawarkan sebagai layanan berlangganan yang ditawarkan melalui cloud melalui layanan Office 365, serta aplikasi web. Tidak perlu lagi memiliki cakram fisik, dan lebih mudah mengakses sekumpulan layanan khusus yang dibutuhkan rumah atau bisnis Anda.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Computing?

Cloud dimulai dengan penyedia. Penyedia ini menawarkan infrastruktur, khususnya server yang dapat menyimpan data dengan aman: Sebagian besar penyedia besar menggunakan ruang server mereka sendiri, tetapi kadang-kadang bahkan penyedia menyewa server mereka. Banyak layanan cloud yang sesederhana itu, seperti Google Drive – UI dasar dan beberapa server untuk menyimpan sejumlah data di luar kantor saat Anda tidak ingin menggunakan penyimpanan lokal, atau ketika Anda harus mencadangkan data Anda.

Namun, layanan cloud computing lainnya melampaui ruang penyimpanan sederhana. Mereka menggunakan server mereka untuk menjalankan dan menawarkan sistem operasi, alat-alat canggih, aplikasi perangkat lunak, dan bahkan layanan yang lebih kompleks. Jika Anda pernah mendengar orang berbicara tentang kemampuan “aaS” atau “as-a-service”, mereka mengacu pada cloud computing adalah yang menyediakan fitur sebagai layanan berbasis internet. Perangkat lunak sebagai layanan, platform sebagai layanan, dan contoh lainnya semakin umum di dunia bisnis.

Kami sudah menyebut Office 365 sebagai contohnya, tetapi ada banyak area lain di mana konsumen mendapat manfaat dari cloud. Platform gaming cloud pada khususnya semakin populer, seperti GeForce Now dari Nvidia atau berlangganan Xbox Game Pass. Hal ini memungkinkan gamer untuk memilih dan memainkan game yang mereka inginkan tanpa membeli disk atau menghabiskan banyak ruang hard drive yang berharga di perangkat mereka.

Biasanya Anda masih perlu mengunduh sesuatu ke perangkat pengguna akhir, seperti dasbor atau portal untuk mengakses data dari server jarak jauh tersebut (walaupun terkadang Anda hanya perlu browser untuk mengakses situs web yang tepat, seperti dengan Gmail). Itu sebabnya layanan cloud masih sering beroperasi melalui aplikasi yang diunduh.

Beberapa penyedia juga menyertakan kemampuan cloud dalam perangkat lunak yang lebih kompleks, seperti ekologi Microsoft Office 365, yang menghubungkan fitur di tempat (diunduh) dan di luar lokasi (dikelola melalui cloud).

Mengapa cloud computing menjadi sangat populer?

Data dan layanan menjadi jauh lebih fleksibel saat digunakan dengan komputasi awan. Itu menghasilkan keuntungan yang kuat – seperti contoh luar biasa ini:

Penghematan biaya: Dalam banyak kasus, biaya pembelian perangkat keras untuk penyimpanan, atau lisensi pengguna tunggal untuk unduhan perangkat lunak, secara signifikan lebih tinggi daripada mendapatkan fitur yang sama melalui komputasi awan. Bisnis telah menghemat banyak uang dengan beralih ke pengaturan virtual – meskipun tidak selalu dijamin.

Memindahkan tugas ke luar kantor: Penyedia cloud yang andal akan mengurus pemeliharaan server dan manajemen data, yang berarti tim TI lokal tidak perlu khawatir tentang hal itu (sebanyak itu).

Kecepatan: Kecepatan cloud sangat tergantung pada koneksi internet dan server uptime, tetapi mengakses layanan cloud umumnya jauh lebih mudah bagi perusahaan, terutama jika perangkat lokal mereka mungkin kesulitan untuk menjalankan perangkat lunak itu sendiri. Ini mengarah pada pekerjaan yang lebih efisien di sekitar kantor atau di rumah.

Keamanan: Untuk perusahaan kecil khususnya, komputasi awan memungkinkan mereka untuk menggunakan layanan dan penyimpanan yang lebih aman daripada yang dapat mereka kelola sendiri – selama mereka memilih penyedia yang andal yang menyediakan tambalan terbaru. Dan bahkan konsumen dapat menghargai manfaat keamanan karena dapat membuat cadangan data ke cloud kapan pun mereka mau.

 

Baca Juga: Apa Itu Coding?

 

Skalabilitas: Relatif mudah untuk membeli lebih banyak kemampuan cloud jika diperlukan, atau menurunkan jika diperlukan. Ini memungkinkan bisnis untuk tumbuh dengan basis pelanggan mereka atau memperbarui teknologi mereka tanpa menginvestasikan uang dalam perangkat keras dan sistem lokal yang semuanya baru. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk menawarkan layanan lebih mudah kepada pelanggan mereka, seperti Apple dan iCloud, atau Microsoft dan Xbox Live.

 

Bagaimana, sudah mengerti tentang pengertian cloud computing? Apakah Anda sudah menggunakannya, layanan seperti dropbox, Google Drive dan sejenisnya? Jika belum, segera lah beralih ke layanan komputasi awan yang membuat Anda dapat bekerja dimana saja, kapan saja, dan tidak perlu perduli oleh tempat dan waktu.