Dermatitis Atopik (Eksim) – Cara Perawatan dan Pengobatan

Dermatitis Atopik (Eksim) – Cara Perawatan dan Pengobatan

August 7, 2019 0 By septiano

Orang-orang mungkin menemukan dermatitis atopik, atau eksim kering sulit untuk diobati. Namun, ada banyak perawatan dan cara mengobati rumahan yang dapat mengurangi rasa gatal, kulit pecah-pecah, peradangan, dan infeksi.

Dermatitis atopik atau eksim kering adalah kondisi kulit yang diderita oleh sekitar 30 persen orang di Amerika Serikat, yang sebagian besar adalah anak-anak dan remaja. Seseorang dengan eksim biasanya akan mengalami bercak-bercak kulit kering dan gatal yang dapat pecah, berdarah, atau terinfeksi.

dermatitis atopik

Mengenal Dermatitis Atopik serta Cara mengatasi dan perawatannya

Artikel ini membahas perawatan dan pengobatan rumahan untuk dermatitis atopik, serta beberapa tips untuk mengatasi, kemungkinan perawatan untuk bayi, dan kapan harus pergi ke dokter.

Perawatan untuk Dermatitis Atopik

Saat ini tidak ada obat untuk eksim, tetapi banyak orang akan menemukan bahwa itu dapat membaik dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Perawatan bertujuan untuk membantu seseorang mengelola gejala eksim kering mereka.

Menurut sebuah makalah studi yang diterbitkan dalam jurnal Trials, “Fondasi dari semua perawatan adalah penggunaan emolien yang digunakan secara teratur untuk menjaga dan mengembalikan kelembaban pada kulit.”

Perawatan untuk eksim biasanya terbagi dalam dua kategori:

  • pelembab untuk mengurangi kulit kering dan gatal
  • anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan, gatal, dan kemerahan

Orang-orang biasanya menggunakan pelembab dan anti-inflamasi langsung ke kulit sebagai krim atau salep. Dimungkinkan untuk mengambil beberapa anti-inflamasi secara lisan.

Daftar berikut menjelaskan beberapa perawatan umum untuk dermatitis atopik:

Obat-obatan

Dokter mungkin meresepkan krim obat atau obat oral untuk melembabkan kulit, mengurangi gatal, dan meredakan peradangan. Obat-obatan tersebut termasuk:

  • krim kortikosteroid untuk menghilangkan rasa gatal dan peradangan
  • tablet kortikosteroid, yang hanya untuk penggunaan jangka pendek, untuk menghilangkan rasa gatal dan peradangan
  • inhibitor kalsineurin topikal, yang menekan peradangan untuk mengurangi gejala
  • antihistamin, yang diyakini oleh beberapa ilmuwan dapat mengurangi gatal parah yang disebabkan oleh dermatitis atopik

Orang dapat membeli steroid yang lebih ringan, seperti hidrokortison, tanpa resep di toko obat.

Terapi Selaput Basah

Penelitian menunjukkan bahwa terapi selaput basah dapat membantu memperbaiki gejala eksim dengan meningkatkan kelembaban kulit seseorang.

Setelah mandi dan melembabkan, bungkus kain basah atau kain kasa di sekitar area yang terkena eksim kering. Melakukan hal ini dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Jangan gunakan bungkus basah dengan krim kortikosteroid yang diresepkan kecuali dokter telah menyarankan hal ini.

Tempatkan lapisan kering di atas lapisan basah untuk mencegahnya mengering. Anda dapat meninggalkan bungkusnya selama beberapa jam atau semalam.

Fototerapi

Orang dengan eksim yang parah dapat mengambil manfaat dari terapi cahaya ultraviolet (UV). Diperkirakan 70 persen penderita eksim melihat peningkatan gejala setelah menjalani fototerapi.

Selama fototerapi, seorang dokter atau dokter kulit akan menyinari sinar UVB pada seluruh tubuh atau hanya pada area yang terkena. Cahaya ini membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan, dan mendorong tubuh untuk membuat vitamin D. Ini juga dapat membantu kulit melawan bakteri untuk mencegah infeksi.

Obat rumahan untuk dermatitis atopik

Obat rumahan tertentu dapat membantu meringankan gejala dermatitis atopik, meskipun orang harus berbicara dengan dokter mereka untuk mengetahui cara pengobatan terbaik untuk gejala mereka.

Obat rumahan berikut dapat membantu mengurangi gejala dermatitis atopik:

Pelembab alami

Beberapa produk alami dapat membantu mengunci kelembapan dan mengurangi rasa gatal. Menurut Asosiasi Eksim Nasional, pengobatan rumahan yang terbukti efektif pada orang dewasa antara lain:

  • Minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa murni atau perasan dingin langsung ke eksim untuk melembabkan area dan mengurangi bakteri. Gunakan sekali atau dua kali sehari pada kulit lembab.
  • Minyak bunga matahari. Minyak bunga matahari dapat membantu meningkatkan penghalang pelindung kulit dan mengurangi peradangan. Oleskan itu dua kali sehari.
  • Cardiospermum. Cardiospermum adalah ekstrak tanaman yang dapat mengurangi peradangan, gatal, dan bakteri pada kulit.

Mandi

Mandi setiap hari sangat penting untuk eksim karena membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah infeksi. Orang juga dapat mencoba berbagai jenis mandi untuk eksim, termasuk:

  • bath-oil baths
  • mandi oatmeal
  • memandikan soda mandi
  • mandi pemutih
  • mandi cuka

Selalu gunakan pelembab pada area kulit yang terkena dalam waktu 3 menit setelah keluar dari bak mandi untuk menghentikan kulit dari kekeringan.

Cara Untuk Mengatasi Eksim Kering

Orang dapat mengadopsi berbagai metode perawatan kulit untuk membantu mengurangi gejala eksim kering mereka. Ini mungkin termasuk:

  • menghindari menggaruk daerah yang terkena, yang membantu mengurangi peradangan
  • minum antihistamin untuk mengurangi rasa gatal lebih lanjut
  • menghindari wol, yang dapat mengiritasi kulit
  • menghindari sabun dan deterjen dan produk yang mengandung aroma, pewarna, atau wewangian yang kuat
  • meminimalkan kontak dengan air saat mencuci benda, seperti piring, dengan tangan
  • Hindari menggosok kulit kering terlalu lama
  • cuci dengan air hangat

Eksim dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang, yang dapat menyebabkan gejala depresi, kecemasan, dan stres. Pengasuh harus menyadari kemungkinan masalah kesehatan mental ini, serta masalah kesehatan fisik apa pun, terkait dengan eksim anak.

Demikian juga, orang dewasa mungkin menemukan bahwa berbicara dengan profesional medis, teman, dan anggota keluarga membantu mereka mengatasi masalah kesehatan mental yang berkaitan dengan eksim kering lebih baik.